WELCOME TO MY BLOG !!!

Friday, August 31, 2012

Menengok Keindahan Seychelles


GriyaWisata.Com-Seychelles hanyalah sebuah republik kepulauan kecil dengan jumlah penduduk saat ini tidak lebih dari 82.000 jiwa, yang merupakan gabungan dari berbagai kelompok etnis keturunan Perancis, Afrika, India, China dan Arab. Luas wilayahnya pun, secara keseluruhan tidak lebih besar dari wilayah DKI Jakarta, hanya 455 km persegi. Letak geografisnya yang terpencil, jauh di tengah Samudera Hindia, sekitar 1600 km dari daratan Afrika, tepatnya di timur laut Pulau Madagaskar, menjadikan negara ini jauh dari hiruk pikuk dan keramaian kegiatan bisnis dunia.
Namun, justru inilah yang menjadi kekuatan dan daya tarik istimewa Seychelles sebagai salah satu tujuan wisata dunia yang banyak diminati turis manca negara, khususnya dari Eropa. Seychelles menawarkan keindahan dan ketenangan alam yang memesona, hamparan  pantai yang indah dan bersih, laut biru lengkap dengan keanekaragaman hayati, serta iklim yang tropis yang hangat sepanjang tahun. Kondisi ini menjadikan Seychelles sebagai destinasi wisata favorit yang sangat pas bagi mereka yang mendambakan ketenangan dan liburan menyenangkan jauh dari rutinitas pekerjaan.

seysey1sey3Meskipun wilayahnya kecil dengan jumlah penduduk yang relatif sedikit, namun reputasi Seychelles sebagai pulau resort dan daerah wisata telah mendunia. Terdapat tiga pulau besar yang menjadi sentra pariwisata, yaitu Pulau Mahe, Praslin dan Pulai la Dique. Jumlah wisatawan yang berkunjung dan berlibur ke  Seychelles setiap tahun tidak kurang dari 160 ribu pengunjung yang menjadikan sektor pariwisata menjadi pilar dan andalan utama perekonomian nasional Seychelles. Sektor pariwisata dan jasa pendukungnya mampu memberi kontribusi hingga lebih dari 70 persen penerimaan dan pendapatan negara.
Sebagian besar penduduk menggantungkan hidup dari bisnis pariwisata dan perhotelan. Di luar itu, industri perikanan laut, khususnya tuna, juga cukup berkembang yang menempatkan Seychelles sebagai salah satu pemasok dan eksportir utama ikan tunia ke pasar internasional. Sementara kegiatan perekonomian lainnya, termasuk sektor industri, umumnya belum banyak mengalami perkembangan karena relatif kurangnya sumber daya manusia yang tersedia dan sarana pendukung lainnya.
Perkembangan sektor pariwisata di Seychelles telah memacu pertumbuhan  bisnis perhotelan dan jasa pendukung lainnya. Sejumlah investor dan jaringan hotel internasional telah sejak lama  beroperasi dan membuka kegiatan bisnis di Seychelles, termasuk sejumlah resort dan villa yang banyak diminati wisatawan. Perkembangan bisnis perhotelan inilah yang kemudian membuka peluang luas bagi tenaga kerja professional dari berbagai negara untuk bekerja di sektor perhotelan di Seychelles, termasuk tenaga kerja asal Indonesia yang kini semakin banyak jumlahnya.
sey2sey4Berlayar, menyelam, memancing, dan bersantai adalah sejumlah pilihan aktivitas bagi pengunjung kepulauan di Samudra Hindia yang terdiri atas 155 pulau ini. Mah, Praslin, dan La Digue adalah beberapa pulau yang paling populer. Mah memiliki 65 pantai dengan pasir yang berwarna keperakan serta berbagai pilihan restoran, kafe, dan kasino di ibukota kecilnya, Victoria. Seychelles menyimpan berbagai situs bersejarah yang terdaftar di UNESCO serta atol karang Aldabra dan Valle de Mai, yang disebut Taman Surga. Kreol adalah bahasa utama di wilayah ini, namun bahasa Inggris dan Prancis juga banyak digunakan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan. Terimakasih.

Text Widget